Lelaki tangguh

Lelaki tangguh
kuat dan tangguh

Kamis, 23 Agustus 2012

Apa Juga Boleh Menangis

Dalam struktur kehidupan yang cendrung ‘male-centred’, sosok lelaki sudah lama dipersepsi sebagai makhluk yang fisiknya kuat, berwibawa, dan otoritatif. Tentu selalu ada pengecualian, namun sampai hari ini, sosok lelaki cendrung masih dipersepsi seperti ini - seorang makhluk Tuhan yang ‘tahan banting’ dan tidak boleh cengeng.  Saya tidak berbicara tentang salah dan benar. Saya hanya sedang membahas fenomena ini secara umum.
Karena alasan inilah sebagian orang berpendapat bahwa lelaki seharusnya tak pantas menangis. Dia tak boleh menitikkan airmata, karena itu dianggap akan menurunkan citra kekuatannya. Bahkan predikat ‘cengeng’, atau ‘perempuan’, mungkin akan mudah dilekatkan kepada seorang pria, yang karena alasan tertentu, kemudian harus menangis.
Well, menurut saya, menangis adalah juga bagian dari gerak hidup kita sebagai manusia (normal) yang boleh dan mesti kita lakoni pada saat dan cara yang tepat. Ini berlaku untuk semua kita, tak peduli lelaki atau perempuan. To be honest, karena alasan tertentu, saya pernah menangis. :-)
Kunon menangis (yang dilakukan dengan cara dan pada saat yang tepat) justru bermanfaat untuk kita manusia. Dia bisa melepaskan beban jiwa kita, mengurangi stress, meningkatkan mood, bahkan ada yang bilang kalau menangis itu bisa menyehatkan mata. (Mungkin untuk poin terakhir, kompasianer yang dokter bisa memberi penjelasan).
Dari perspektif psikologi, kabarnya pria yang mudah menangis adalah pria yang berhati lembut, dia adalah lelaki berhati jujur dan bersih. (jangan protes dulu ya .^_^). Nah dalam konteks ini, tak heran pria kekar gagah berani, jago berperang, seperti Umar bin Khattabpun mudah meneteskan airmata, terutama ketika dia ingat akan dosa-dosanya dan mendengar kalimat Allah disebut. Ini tentu hanya satu dari beberapa alasan mengapa lelaki boleh menangis.
Jadi, kepada anda lelaki, jika waktu dan alasannya tepat, gak usah malu untuk mengeluarkan airmata. :-))
Salaam, Central java-24-08-12 pkl.3:09 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar